Sabtu, 17 April 2010

Manfaat bawang putih




Divisio : Spermatophyta
Sub divisio : Angiospermae
Kelas : Monocotyledonae
Bangsa : Liliales
Suku : Liliaceae
Marga : Allium
Jenis : Allium sativum
Tanaman ini di Indonesia lazim disebut bawang putih. Di Indonesia bawang putih banyak digunakan sebagai bumbu dan hamper setiap hari digunakan untuk memasak. Tapi dibalik kegunaannya tahukah anda bahwa bawang putih menyimpan sangat banyak manfaat?
Menurut penelitian di jepang, bawang putih dapat menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan pada hewan percobaan sangat mengesankan. Hal itu memang tidak berarti bahwa bawang putih mampu memulihkan masa muda atau sama sekali menghambat proses penuaan. Tetapi setidaknya manfaat bawang putih membantu menghambat proses penuaan.
Selain itu sekarang banyak penelitian yentang bawang putih yang memastikan bahwa dengan mengkonsumsi bawang putih dapat menurunkan kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi biasanya menjadi pertanda proses penuaan, dan bias menyebabkan nayak penyakit. Bawang putih yang dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga dapat mengurangi resiko kita terkena penyakit dalam. Selain itu mengkonsumsi bawang putih dapat meningkatkan stamina dan meningkatkan daya tahan. Orang-orang yang mudah lelah seharusnya menambah stamina mereka dengan makan sedikit bawang putih setiap hari dalam jangka waktu yang lama. Caranya, bisa kita campurkan dalam olahan masakan kemudian kita makan.
Dr. Gilles Fillion dari Institute Pasteur di Perancis menduga, bawang putih dapat membantu meredakan stress, kecemasan, dan depresi. Tentunya dengan efek yang lebih lembut. Ia menemukan bahwa bawang putih bermanfaat untuk membantu melepaskan serotonin, yakni bahan kimia yang terlibat dalam pengaturan serangkaian luas suasana hati dan tingkah laku termasuk kecemasan, murung, rasa sakit, agresi, stress, kurang tidur dan ingatan. Kadar serotonin yang tinggi dalam otak cenderung berfungsi sebagai obat penenang yang menentramkan Anda, memudahkan tidur, dan meringankan kemurungan. Bawang putih menolong menormalkan sistem serotonin tersebut. (http://www.gizi.net/cgi-bin/berita/fullnews.cgi?newsid1074829761,821,)
Dari berbagai penelitian di dunia dapat disimpulkan bahwa bawang putih dapat mengobati berbagai penyakit. Misalnya memperbaiki system penceraan, mengurangi rematik, mengatasi kesemutan, de-toxifikasi racun & efektif sbg anti-biotik, anti-bakteri, anti-jamur, menurunkan hypertensi, meningkatkan daya tahan tubuh, menormalkan penglihatan rabun dekat dll. Hal ini disebabkan Karena kandungan kimia bawang putih yaitu Minyak atsiri, senyawa fosfor, tuberkulodis, zat aliin, protein, kalsium, fosfor, dan vit B1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar